Kamis, 03 Mei 2012

Life on Board


crew cabin
Kerja di kapal sungguh berbeda dari kerja di darat. Waktu banyak dihabiskan di laut, terkadang harus terombang ambing ombak, mabuk laut, bosan, capek, udah jadi makanan sehari-hari. Kerja 10-12 jam sehari, 7 hari seminggu, 30 hari dalam sebulan, non stop. No day off!!!

Bagaimana akomodasi untuk crew dan fasilitasnya?

Tentu saja crew akan tidur di kapal. Kapal terbaru biasanya terdiri atas 2 orang per cabin. Untuk beberapa kapal paling baru, setiap bed ada TV pribadi, disediakan pula komputer. Tapi ukuran kamar terbatas +/- 2x4. Tanpa jendela/porthole. Kamar mandi di beberapa kapal sharing dengan cabin sebelahnya, Kapal lainnya ada yang 1 kamar mandi untuk satu cabin. Sedangkan kapal tua, kamar mandi malah terpisah dari cabin, layaknya asrama, harus gantian. Ingat! Tiap cruise ada cabin inspection, berguna mengetahui kondisi dan kelayakan fasilitas di dalam cabin itu sendiri.


crew bar
Soal makanpun ga perlu khawatir, terjamin 3 kali sehari, terkadang ada coffee break pula di cafetaria yang biasa disebut crew mess. Soal fasilitas, beberapa kapal memanjakan crew nya dengan channel TV dan siaran film, games machine di crew day room area, crew gym, dan ada pula crew bar, tempat crew nongkrong, ngumpul dan party selepas kerja. Untuk nyuci pakaian pribadipun sudah ada fasilitas mesin cuci dan dryer khusus crew, tapi ya harus dulu-duluan pakainya karena mesin cuma beberapa unit sedangkan yang mau pake ada ratusan lebih, Saran saya sih tengah malam, biasanya laundry tidak terlalu ramai.


Terus gimana bisa keluar jalan-jalan ketika berlabuh di port?

crew mess
Sebagai crew, masih bisa jalan-jalan kok, tapi tergantung situasi dan kondisi. Kalo lagi off duty ya..bisa aja keluar, sesuaikan juga waktu kapal berlabuh dengan tempat yang akan dikunjungi, jangan sampe ditinggal kapal. Resikonya warning hingga dipulangkan. Karena biaya nge-port di pelabuhan itu ga murah. Kalo waktu ga banyak, paling cukup untuk menghirup udara segar dan menginjakkan kaki di tanah sambil ngisep sebatang dua batang rokok. Uenake Puoll! Tapi beberapa kapal juga sudah menerapkan yang namanya Port Manning (istilah mudahnya jadwal piket jaga kapal), Meski kita lagi ga kerja tapi kalo kita dapat port manning, ya dengan ikhlas hati tidur di cabin dan ga bisa keluar kapal.

Yang paling membosankan adalah ketika kapal at sea selama berhari-hari. 2 hari di laut saja membosankan apalagi kalo sampai crossing antar benua yang bisa memakan waktu satu minggu. Terus nih ya, Kalo kita dalam keadaan ga fit, kita bisa datangi dokter di kapal, ga usah sungkan, free!! Tapi ga jaminan kita bisa dapat off duty. Tergantung keputusan dokter, apalagi kalo karena sea sick ato mabuk laut, bukan alasan untuk ga kerja. Ini nih salah satu yang bikin berat kerja di kapal selain hal-hal lainnya. Yang penting bersikap positif, kuatkan mental, ingat awal memulai dan tujuan kerja, ingat utang juga boleh biar memacu semangat dan bisa menghalau segala kendala kerja di kapal.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar