Senin, 07 Mei 2012

Proses Recruitment Crew Kapal Pesiar

Berikut merupakan gambaran secara garis besar proses recruitment crew untuk kapal pesiar lewat manning agent.

1. Siapkan CV dan dokumen terkait (Sertifikat, keterangan pengalaman kerja, dsb)

2. Datang ke agen yang dituju, bersikaplah ramah dalam bertanya, coba sapa dengan senyum ke reception.

3. Jika walk in dan beruntung ada lowongan, biasanya akan diberi pengarahan untuk langsung interview dengan agen. Ga perlu gugup, pede aja, yang penting menguasai job deskripsi dari posisi yang akan dilamar. English is a must!

4. Kalo gagal, biasanya interviewer akan kasih sebab mustabab kenapa bisa gagal, entah di komunikasi dalam bahasa Inggris yang kurang atau mungkin dari penguasaan dan pengetahuan tentang posisi yang dilamar. 

5. Kalo berhasil, ini nih yang bikin seneng, maka interviewer (manning agent) akan memberi konfirmasi interview kedua dengan user/principal (petinggi dari kapal yang datang langsung menginterview calon crew). Tahap ini bisa dibilang gampang-gampang susah. Bahasa Inggris memang penting, tapi untuk posisi entry level beberapa user tidak memaksakan harus expert, yang penting kita bisa mengerti dan bisa membalas setiap percakapan, cukup dengan kosa kata yang sederhana dan dimengerti. Attitude kita pun sangat diperhatikan dalam tahap ini oleh user. Senyum, salam, sapa menjadi poin tambahan dan pertimbangan user. Grooming kita pun menjadi poin tersendiri, usahakan pakaian formal resmi (pakai jas lebih baik), tapi kemeja dan dasi pun cukup, yang penting rapih dan tidak menggunakan jeans.

Tahap ini biasanya user akan mencari tahu tentang pengetahuan kita akan posisi yang dilamar. Tidak berbeda jauh dengan interview pertama dengan agen. Selain itu terkadang user menanyakan tentang perusahaan yang akan kita lamar. Seberapa tahu kita tentang perusahaan dimana kita akan kerja nanti. Kalo proses ini selesai, user akan langsung memberi tahu saat itu juga apakah kita lulus atau tidak. 

6. Kalo lulus, agen akan mengarahkan lebih lanjut apa yang harus kita lakukan. Biasanya kita akan dirujuk untuk mengurus dokumen-dokumen yang diperlukan seperti, passport, seaman book, visa, medical. Untuk medical, biasanya agen sudah punya rujukan rumah sakit sendiri. 

7. Kalo proses ke 6 sudah beres semua, kita tinggal menunggu Letter of Employment, kapan kita berangkat, join di kapal apa dan di port mana, kontrak berapa lama. Dan sehari atau beberapa hari sebelum keberangkatan biasanya kita akan diberi pengarahan lagi oleh agen.


sumber : Ratuoceaniaraya site

Tidak ada komentar:

Posting Komentar